Thursday, March 2, 2017

Port Security

          Port security adalah salah satu mekanisme keamanan atau security jaringan local. Dan port security adalah punya Cisco alias Cisco Porpetary yang dimana mekanisme ini hanya dimiliki oleh perangkat Cisco. Tujuan dari penggunaan Port Security adalah Mengamankan suatu port pada sebuah switch Cisco.
          Cara kerja sistem Port Security adalah jadi nantinya switch akan mempelajari mac address PC-A pada suatu port untuk diamankan dan disimpan Mac Addressnya. Yang nantinya apabila ada seseorang yang mencoba mencabut kabel ethernet pada PC-A dan disambungkan ke PC-B dengan tujuan mengakses akses tertentu, maka Switch Cisco akan menolak semua akses PC-B yang melewati port yang tadinya milik PC-A. OK langsung aja kita praktekin Lab Berikut.

Topologinya dibawah ini:



Pada topologi tersebuat kasusnya adalah Pak BOS minta PCnya diamankan karena terdapat data data penting pada server sedangkan akses yang diizinkan ke Server hanyalah port interface PC BOS atau fa0/1 nah.. Tugas kita disini adalah mengamankan port fa0/1 agar hanya PC BOS sajalah yang boleh menggunakan port fa0/1. Disaat seperti ini adalah saat yang tepat mengunakan Port- Security. Bagaimana konfigurasinya simak tutorialnya dibawah ini:
Konfigurasi pada Switch Cisco

Switch>en
Switch#conf t
Enter configuration commands, one per line.  End with CNTL/Z.
Switch(config)#int fa0/1
Switch(config-if)#switchport mode access
Switch(config-if)#switchport port-security
Switch(config-if)#switchport port-security mac-address 0060.3EA7.CD77
Switch(config-if)#switchport port-security violation ?
  protect   Security violation protect mode
  restrict  Security violation restrict mode
  shutdown  Security violation shutdown mode
Switch(config-if)#switchport port-security violation shutdown
Switch(config-if)#switchport port-security maximum 1


Maksud dari Command Switch(config-if)#switchport port-security  adalah bahwa kita mengaktifkan mode port-security pada port interface tersebut
Maksud dari Command dari Switch(config-if)#switchport port-security mac-address 0060.3EA7.CD77 adalah bahwasannya kita sedang memberikan mac address si PC bos yang nantinya sebagai autehentikasi keamanan, bahwa yang diperbolehkan mengakses hanyalah mac address tersebut.

0 comments:

Post a Comment