Thursday, March 2, 2017

VLAN

Assalamualaikum guys saya baru pertama kali ngeblog nih... udah belajar walau pun baru sampe CCNP tapikan sayang kalau ilmunya gak di share ya gak?.. mekanya saya ngebuat ini blog biar orang orang bisa mengambil manfaat dari apa yang telah saya pelajari.

Langsung aja kita ngebahas materi VLAN. Apa sih VLAN itu vlan adalah singkatan dari Virtual LAN. Jadi kalau kita punya sebuah jaringan kita bisa membagi-baginya lagi menjadi lebih dari satu jaringan saja. Misal saya mempunyai sebuah jaringan tapi saya ingin memecahnya lagi menjadi 3 jaringan dengan tujuan tertentu, untuk lebih jelasnya langsung saja ke kasusnya OK!

Kasus pertama.
Seorang bos dalam suatu perusahaan yang hanya memiliki satu jaringan ingin memecah jaringannya dengan alasan keamanan dan  agar trafic dalam jaringan tidak padat  juga saya lebih mudah dalam menage jaringan saya.. topologinya seperti gambar dibawah:
 
Pertama kita harus membuat vlan terlebih dahulu di Switch 1 dengan mengetikan perintah atau command:

Switch>en
Switch#conf t
Enter configuration commands, one per line. End with CNTL/Z.
Switch(config)#vlan 10
Switch(config-vlan)#name karyawan-1
Switch(config)#vlan 20
Switch(config-vlan)#name karyawan-2
Switch(config)#vlan 30
Switch(config-vlan)#name karyawan-3

konfigkan diatas bermaksud untuk menambahkan vlan pada sebuah switch, tapi perlu diketahui bahwa vlan diatas belum aktif pada suatu interface. Karena pada dasarnya memanglah sebuah vlan itu aktif pada suatu interface yang menuju PC. Cara mengaktifkannya dengan menuliskan command seperti dibawah ini:

Switch(config)#int fa0/1
Switch(config-if)#switchport mode access
Switch(config-if)#switchport access vlan 10

Maksud dari int fa0/1 adalah interface fast ethernet 0/1 jadi kita akan masuk kedalam interface fa0/1 dan kita menjadikan interface tersebut aktif pada vlan 10 tapi ingat sebelum mengaktifkan interface tersebut kedalam vlan kita harus mengubah mode pada port interface fa0/1 menjadi mode access (switchport mode access).

jangan lupa interface yang lainnya dimasukan kedalam vlannya masing masing. Selamat Mencoba.
Kritik dan Saran sangat saya harapkan dari para pembaca blog ini. Terima Kasih...

0 comments:

Post a Comment